Sejarah dan Pengertian sepakbola

Category : Pertandingan Sepakbola

Sebelum masuk pada pengertian sepakbola ada baiknya kita lebih dulu mengerti sejarah sepakbola. Permainan ini bermula ketika masyarakat Cina pada masa Dinasti Han melakukan sebuat permainan menarik dengan cara menggiring bola. Bola yang digiring kala itu adalah bola kulit, kemudian untuk gawangnya mereka menggunakan jaring kecil. Kejadian tersebut terjadi pada abad ke-2 dan ke-3. Selain di Cina, di Jepang permainan ini juga dimainkan oleh masyarakatnya, di sana di sebut dengan kemari. Jauh setelah itu baru kemudian sepakbola mulai dikenal di Eropa. Awalnya di Italian, yakni pada abad ke-16. Lambat lai]un permainan menggiring bola ke dalam jaring pun makin popular di Inggris. Permainan ini dianggap sangat menarik sehingga banyak masyarakat yang memainkannya. Hanya saja karena jaman itu belum ada peraturan sepakbola, bahkan pengertian sepakbola pun belum dirumuskan, permainan pun berjalan dengan anarkis.

Berhubung pengertian sepakbola dan peraturannya saat itu belum diterapkan dan akhirnya permainan berjalan dengan penuh kekerasan, Raja Edward III dari Inggris pun akhirnya melarang permainan sepakbola, pun juga dengan Raja James dari Skotlandia yang melakukan pelarangan serupa. Hingga dalam waktu yang lama permainan ini tidak ada lagi yang melakukan. Sampai akhirnya pada tahun 1860 an ada beberapa sekolah dan klub yang berkumpul. Mereka kemudian mulai merumuskan tentang peraturan sepakbola. Kala itu, diberlakukan pula pelarangan menggunakan tangan dalam bermain sepakbola. Juga terjadi pemisahan antara pengertian sepakbola (soccer) dengan hockey.

Pengertian Sepakbola

Jika kita penggal dari suku katanya, yakni sepak-bola, di kamus besar bahasa Indonesia, sepak diartikan sebagai gerakan memukul sesuatu dengan kaki, yang mana dilakukan dengan cara mengayunkan kaki. Arah ayunan kakinya bisa ke muka atau ke sisi. Persamaan kata dari sepak adalah tendang. Kemudian suku kata kedua yakni bola, adalah benda bulat yang dibuat dari karet dan sabagainya, yang digunakan untuk bermain-main. Sementara arti sepakbola sendiri adalah  permainan yang dilakukan oleh dua tim, di mana jumlah pemaia masing-masing tim sebanyak 11. 10 Pemain tersebut terdiri dari penyerang atau lini depan, sayap atau lini tengah, dan defender atau lini belakang. Dan satu pemain lagi yang dalam pengertian sepakbola disebut dengan kipper atau penjaga gawang.

Post a comment

*